Hai!

Never Ending Thoughts

Kamis, 14 Juni 2012

KPOP Wave





Baru baru ini Google bekerjasama dengan Youtube dan MBC menggelar Korean Wave concert yang digelar di Mountain View, California, Amerika Serikat. Konser tersebut selain disaksikan langsung oleh pengunjung juga disiarkan secara Live melalui streaming melalui Youtube. Pergelaran Korean Wave Concert ini bukan untuk pertama kalinya, sebelumnya mereka menggelar di Perancis, Thailand, Jepang, Australia, seakan akan membuktikan keberhasilan KPop yang telah mulai dikenal diseluruh dunia.


Apabila kita mendengarkan Kpop, lirik lagu mereka sebagian besar tetap lirik lagu berbahasa Korea (kecuali di Jepang), tanpa perlu mereka repot repot untuk mengubah lirik ke bahasa lokal tetapi lagu lagunya tetap dapat dinikmati . Walaupun ada dianatara grup Kpop itu yang mengubah liriknya kedalam bahasa Inggris untuk dapat diterima di pasar lebih luas (baca : Amerika) tetapi sesungguhnya kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris sangatlah kurang.  Memang mereka juga menambah atribut lain yaitu penampilan dalam kemasan "produk" yang mereka tawarkan . Contohnya Super Junior dengan 9 anak muda berpenampilan menarik atau Girls Generation dengan image 9 perempuan dengan tubuh bagus berwajah cantik plus koreografi yang menarik.Sebenarnya apakah yang menarik sehingga Korea begitu percaya diri untuk berbicara mengenai Korean Wave di pasar dunia ?

Dalam strategi pasar pemasaran global, kita mengenal apa yang dinamakan dengan standardized global marketing, dimana produk merupakan bauran pemasaran yang sama bagi pasar luas yang terdiri dari pembeli potensial. Apakah strategi tersebut adalah strategi yang sedang mereka tawarkan atau strategi concentrated global marketing dimana mereka menciptakan bauran pemasaran untuk meraih satu segmen di pasar global ? What do uou think ?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar